1. dijawab oleh : TMcquay
Jawaban:
Judul Buku : Aku Mampu Berbahasa Indonesia
Penulis : Kastam Syamsi, Joko Santoso , Anwar Efendi, dan Teguh Setiawan
Tahun Terbit : 2004
Nama Penerbit : SIC
Tebal Buku : 94 halaman
Keeratan hubungan buku teks dan kurikulum dapat diumpamakan, digambarkan atau dibandingkan dengan hubungan antara ikan dengan air, ikan dengan tebing, atau juga dapat disamakan dengan dua sisi mata uang, dua tetapi satu, satu tetapi dua”. Namun, di dalam buku teks tidak ada rincian pasti mengenai apa yang menjadi standar kompetensi atau apa yang menjadi kompetensi dasar. Semuanya sudah dituliskan menjadi sub-sub materi. Buku teks yang baik haruslah menarik dan mampu meransang minat siswa untuk termotivasi belajar. Dengan buku yang menarik siswa akan mau belajar dan tertarik untuk memahami materi pembelajaran.
Kesimpulan
Buku teks adalah sarana belajar yang biasa digunakan di sekolah-sekolah dan untuk menunjang suatu program pembelajaran. Dalam proses pembelajaran inilah buku teks memiliki peran yang sangat penting sebagai referensi yang digunakan siswa untuk mengoptimalkan potensi-potensinya. Oleh karena itu, perlu adanya pemilihan buku teks yang baik mana yang akan digunakan di dalam pembelajaran.
Ada sepuluh kriteria buku teks yang baik seperti yang diungkapkan oleh Greene dan Petty yaitu menarik minat, menumbuhkan motivasi, menstimulasi aktivitas siswa, ilustratif, komunikatif, sudut pandangan (point of view), kejelasan konsep, menunjang mata pelajaran lain, menghargai perbedaan individu, dan memantapkan nilai-nilai.Dalam penulisan buku teks bahasa Indonesia, ada empat aspek keterampilan yang tidak mungkin dilepas yaitu aspek keterampilan mendengarkan/menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.
Di dalam penganalisisan bab, banyak sekali dtemukan kekurangan di antaranya ialah tidak adanya standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator apa saja yang harus dicapai oleh siswa, ketidaksesuaian topik yang ditulis di buku teks dengan kurikulum. Ada beberapa kompetensi dasar yang sebenarnya ada di kurikulum namun di buku teks tidak ada. Selain itu ada juga kompetensi yang diminta di kurikulum tentang kata berimbuhan sedangkan yang tersaji di buku ialah tentang frasa. Padahal, penulisan buku teks seharusnya memang relevan dengan kurikulum. Selain itu penulis buku BSE nampak kurang cermat dalam mencari definisi dan kurang matang dalam menyajikan bahan ajar atau teori. Sehingga teori-teori yang tersaji di buku nampak sangat kurang mendalam.
Saran
Ada beberapa kekurangan yang ditemukan selama melakukan analisis sehingga saya ada beberapa saran yang dapat diajukan antara lain:
1. Penulis harus mempelajari kriteria-kriteria buku teks yang baik..
2. Pelajari dan pahami dengan baik standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ada di dalam kurikulum.
3. menuliskan standar kompetensi, kompetensi dasar, juga indikator kedalam buku teks jangan hanya tujuan pembelajarannya saja
4. mempersiapkan dengan matang bahan-bahan atau data yang akan dijadikan materi di dalam buku teks.
5. Dalam mendefinisikan sesuatu carilah referensi yang dapat dipercaya.
6. sebaiknya soal yang diberikan bisa lebih bervariasi seperti pilihan ganda dan soal teka teki silang yang berhubungan dengan materi
7.materinya sebaiknya lebih dijelaskan lebih mendetail lagi karena buku teks lebih monoton ke cerita-cerita pendek
Pertanyaan Lainnya
Sebutkan tombol yang bisa di gunakan untuk membuat folder baru
Ctrl + n atau klik kanan > new foldersemoga membantu.
gimana kita hadapi posisi yang kita sedang bingung?harus gimana posisi nya,diposisi yang perbedaan itu selalu berselisih.
Harus extra sabar,pengertian,tidak gegabah.maaf kalau salah :v
Tolllloongg jawab!!!
1. lagu daerah adalah lagu yg berasal dari suatu daerah tertentu2.musik daerah adalah musik yg berasal dari suatu daerah tertentu3.kicir kicir dari jakarta yamko rambe yamko dari papua apuse dari papua ayam den lapeh dari padang ondel
Setelah kembali ke tanah air diharapkan bisa menyalurkan semuanya yang dapat membangun indonesia pada umumnya. khususnya pada keluarga dan diri sendiri
ubahkan ke dalam bahasa jepang Jawaban:祖国に戻った後は、一般的にインドネシアを構築できるすべてのものを導くことができると期待されています。特に家族と自己でkaloPenjelasan:Sokoku ni modotta nochi wa, ippantekini Indoneshia o kōchiku dekiru subete no mono o michibiku koto ga dekiru to kitai sa rete imasu. Tokuni kazoku to jiko de(kalo mau bicara gitu aja Uwu)maaf kalo
Butuh jawabannya kak,bang
Jawaban:BPenjelasan:itu Kurva Permintaan dimana antara harga barang dengan jumlah barang yang diminta berbanding terbalik.semoga membantu^_^
Kak bisa di jawab gkpliss untuk besok
Jawaban:2. 803. -454. - 726. 40%8. 2Penjelasan dengan langkah-langkah:3. Kita gunain cara penjumlahan pengurangan perkalian baru pembagian jadi kita jumlahin dulu 8+12 = 20 kita kurangin 6-10 = -4 kita kali 9 x 20 = 180 kita bagi
1.sebuah balok dengan panjang 22cm lebar 12 cm dan tinggi 23 cm Volume balok tersebut adalah...cm3
2.Sebuah Kubus memiliki sisi 34 cm volume kubus tersebut adalah...cm3 PERTANYAANNO 11. Sebuah balok dengan panjang 22cm lebar 12 cm dan tinggi 23 cm Volume balok tersebut adalah...cm3JawabV = p × l × t V = 22 cm ×
4 peran indonesi dalam oki
1)Mendukung kemerdekaan palestina 2)berpartisipasi dalam MTQ internasional3)Menjual dan membeli alat kebutuhan dalam peribadahan4)Ikut datang ketika di adakan KTT OKIMAAF JIKA ADA KESALAHAN
Pengertian sejarah menurut thucydides ?
Menurut thucydides sejarah adalah rekonstruksi masa lampau manusia atau masa lalu manusia
Teori tentang sejarah indonesia
Sejarah Teori Asal Usul Bangsa IndonesiaJejak Puisi Sejarah IndonesiaDari mana asal usul manusia dan masyarakat Indonesia masih terdapat pendapat yang berbeda. Dan di bawah ini adalah beberapa pendapat yang dikemukakan oleh para ahli.1. H. Kern, menyatakan bahwa bangsa